Cerita sepulang kontrol ke Dr. Pande kemarin malam.

setelah antri satu jam lebih, nama sy dipanggil..andai ada yg tau betapa sy saat itu: cemas-khawatir-takut-migren-tak berhenti berdoa

Dr: selamat malam ibu, ada keluhan?
Sy: ada dok, 2 hari kemarin perut kiri bawah sy sakit sekali
Dr: ada lagi?
Sy: hari ini migren dok mungkin krn tekanan darah sy naik y dok?
Dr: (menunjukkan catatan) sakit perut bawah dan migren trmasuk keluhan normal trimester pertama ya..jd masih wajar
sy: oh jd tdk apa2 y dok? (lega)
dr: tidak, mari USG dulu
(menuju ruang USG)
Dr: wah ini janinnya..
sy: benarkah dok? Alhamdulillah.. (sumringah)
ketubannya gimana dok? karena beberapa kali sempat merembes
Dr: ketuban baik, hal tsb masih wajar
Sy: plasentanya gimana dok?
Dr: (mencari letak plasenta) plasenta normal, ini
Sy: denyut jantung janin dok?
Dr: ini terlihat, denyut jantung juga normal. Baik, kita ukur usia janin yah..dari bokong ke kepala..usianya 10w2d🙂
Sy: Alhamdulillah..

Sy: dok, apakah tidak apa2 tekanan darah sy? 137/70
dr: dikatakan tinggi kalo udah 140
Sy: jadi 137 kan udah dekat dok?
Dr: (senyum) kan tingginya kl 140

-ah,ni dokter pengen membesarkan hatiku rupanya-

Sy: oia dok,sy kan minum folavit dosis 400 terus ternyata susu sy jg terdpt asam folat 400 sekian. Itu tidak apa2kah sy minum juga?tidak berlebihan dosis kah?
Dr: lho,siapa yg nyuruh minum susu? (Senyum ramah)
Sy: (hah?) Kan biasanya gitu y dok?hehe
Dr: susu itu dari sapi jadi cuma anak sapi yg minum susu sapi
-sy,dokter,perawat tertawa bebarengan-
Sy: jadi gmn dok?
Dr: jangan dilanjutkan diminum, kita yg alami saja,sayur buah makanan yg sehat lainnya (wah, sepertinya ni dokter pro ASI, pro Gentle birth juga gak yaa?hehe)
Sy: kalo madu dok?
Dr: madu baik malah Tuhan menyarankan jadi pasti ada hikmah di balik itu
Sy: sy kan mual-muntah yg menurut sy parah y dok, sy sebaiknya minum vitamin anti mual gitu tidak dok?
Dr: jangan! Mual-muntah itu reaksi alamiah tubuh, seperti yg sy jelaskan kalo trimester pertama malah sebaiknya dan wajarnya turun berat badan
Sy: tapi sy gak bisa bau nasi dok kan jadi gak keisi apa-apa
Dr: justru itu, kalo tidak mual-muntah tar makannya jadi banyak kan?
Dinikmati saja proses alami tubuh karena Tuhan pasti punya hikmah dibalik ini. Tar kalo makannya banyak dan berat badan nambah terus malah berisiko janin cacat dan keguguran
Sy: oh gitu ya dok (meringis)
Dr: sekarang sy tanya, kehamilan yg dlu gimana?
Sy: makannya banyak dok karena tidak mual dan muntah
Dr: nah itu kan,hehe
Sy: hehe..iya dok, Alhamdulillah kalo gitu

(Selesai sudah konsultasi panjang sy ditandai dgn keluarnya perawat, diusir secara halus,haha)

Well, kalo ditulis gini ternyata keliatan sekali ya sy pasien bawel,hehee
Tapi memang sbg pasien kita harus bawel kawan karena tak jarang dokter2 diluar sana tidak menjelaskan pada kita kalo kita tidak tanya.
Moga pertanyaan2 sy menginspirasi untuk jadi ‘pasien bawel’ hehee..

Malang, 10 September 2012